ga boleh internetan   3 comments


Jangan Larang Anak Mengakses Internet dikutip dari  yahoo

VIVAnews – Online Safety and Technology Working Group, sebuah komite  yang ditugaskan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk melakukan penelitian seputar internet dan dampaknya terhadap anak mengumumkan laporan mereka.

Ternyata, menakut-nakuti anak dengan risikonya mengakses internet atau memblokir akses mereka ke situs jejaring sosial tidak membawa dampak positif, malah sebaliknya. Mempromosikan secara gencar seputar menggunakan internet dengan aman lebih disarankan.

“Sekolah seringkali memblokir berbagai situs ataupun jejaring sosial dan meyakini bahwa itu merupakan langkah paling tepat. Akan tetapi, siswa seringkali dapat mengakali firewall dan teknologi penyaringan. Akhirnya, pemblokiran situs malah memiliki efek negatif bagi keselamatan siswa yang bersangkutan,” sebut komite itu pada laporannya.

Laporan tersebut, seperti dikutip dari Cnet, 5 Juni 2010, juga mengungkapkan beberapa kesalahan persepsi seputar internet.

Sebagai contoh, kejahatan seksual memang terjadi pada anak atau remaja pengguna internet yang bertemu pertamakali dengan pelaku di dunia maya. Akan tetapi, menurut laporan setebal 148 halaman itu, jumlahnya ternyata tidak sebanyak yang diperkirakan.

“Justru risiko lain, seperti cyberbullying, merupakan risiko yang jauh lebih mungkin terjadi dibanding yang diperkirakan,” sebut laporan komite itu. “Pada sejumlah kasus, cyberbullying terjadi sejak anak masih berusia sekolah dasar.”

Disebutkan, penggunaan MySpace dan Facebook oleh remaja tidak selalu berarti risiko mereka menjadi korban pelaku kejahatan yang mencari mangsa di Internet menjadi meningkat. “Bahkan ada bukti-bukti bahwa jejaring sosial juga bisa melindungi dan membantu membentuk serta menerapkan norma-norma positif pada anak,” sebut laporan tersebut.

Posted Juni 5, 2010 by fabiantactlest in seru2an

3 responses to “ga boleh internetan

Subscribe to comments with RSS.

  1. dilema dari suatu kemajuan adalah ada kekurangan dan kelebihan..kekurangan nya adalah..jika anak belum dewasa dia belum bisa membedakan baik buruk dari fungsi internet…yang tau a hanya FB..chating…mungkin itu yg ga bikin maju..tapi kelebihannya banyak teman banyak jaringan…tapi bagi orang2 tertentu internet sangatlah ampuh…sarana informasi,aktualisasi,konspirasi,dan si..si..si..lainnya..maka dari itu kita harus bijak menghadapinya…..hidup teknologi….

  2. hidup teknologi

  3. kalau ngk boleh internatan net gw ngk laku dong…mending kalau yg punya nootbook. asal….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: